Grunge dan Nirvana

Grunge. Tiap orang pasti berpikiran bahwa grunge = nirvana, bener g? Kenapa? Benarkah? Apakah Nirvana yang menciptakan genre grunge??? Jawabanx salah, grunge sendiri telah ada jauh disaat nirvana terbentuk. Sebelum nirvana dikenal oleh seluruh dunia, musik grunge telah diusung oleh beberapa band seperti Pearl Jam, Alice in Chains, Mudhoney dan Soundgarden. Keempat band tersebut juga berasal dari Seatlle, sebuah kota kecil dengan penduduk rata2 orang miskin. Grunge adlah sebuah genre musik yang tercipta krena pd masa itu terjadi kejenuhan akan musik2 heavy metal dan hardrock, hadirnya grunge ini pun menjadi sbuah angin segar bagi para rocker saat itu. Namun pada kenyataanx, penduduk setempat(Seatlle) pada awalx tdk lgsg bisa menerima jenis musik grunge, ironis bukan, kota kelahiran bahkan pernah tidak menyambutx. Namun itu cerita lama, setelah berjalanx waktu grunge bisa diterima bahkan ada istilah “seatlle sound” ini sebagai bukti bahwa setlle telah menjadi sebuah kota asal grunge.

Namun pada era awal munculx grunge, tidak semua band grunge lngsg melejit, bisa dibilang hanya sedikit bar yang mau memutar lagu2 band2 grunge tersebut. Grunge mencapai masa kejayaanx saat kemunculan Nirvana yang notabene juga berasal dari Seatlle. Nah atas dasar itulah kenapa grunge lebih dikenal sebagai Nirvana, padhl sebelumx grunge telah disusung oleh Alice in Chains, Soundgarden, Pearl Jam dll. Karena musik grunge lebih terdengar di seatlle dan saat itu Nirvana lagi jaya-jayax, maka mulailah orang mengira bahwa Nirvana adlh grunge, pdhl itu salah.

Niravana sendiri adalah sebuah band yang dibentuk oleh 2 orang pemuda. Yang satu seorang pemuda yang tidak suka aka kehidupan di bangku sekolah, seorang pengangguran yang mempunyai obsesi yang tinggi akan sebuah grup musik. Orang ini yang saat ne di kenal sebagai Kurt Cobain( Guitar/vokal). Yang satux lagi seorang jangkung anak tukang salon kecantikan. Chris Novocelic itulah namax, dalam nirvana dia sebagai bassist. Melalui seorang promotor The Melvins, Buzz Osboume di Abenrdeen ( dekat seatlle) pada tahun 1985 mereka memulai karirx. Latar belakang kedua keluarga Kurt dan Chris sangat berbed, keluarga Chris cukup harminis sedangkan orang tua Cobain telah bercerai. Walaupun begitu, mereka sama2 menyukai musik hardcore punk. Kurt yang pernah bergabung dalam band punk Fecal Matter kemudian membentik band Stiff Wodies bersama Chris Novocelic. Saat itu Kurt sebagai drumer dan Chris sebagai bassis.Posisi guitar dan vokalisdiisi auditonal player. Setelah Kurt memutuskan sebagai gitaris sekaligus vokalis, posisi drumer diisi oleh Aaron Burkhart, dan nama band pun diganti menjadi Skid Row, lalu pada tahun 1987 diubah menjadi Nirvana. setahun sebelumx Aaron Burkhart keluar dan digantikan Chad Channing dan Nirvana membuat sepuluh demo lagu bersama produser Jack Endino yang menawarkan demo lagu trsbut ke Jonathan Poneman , salah satu pendiri label Sub Pop (bareng Bruce Pavitt). Desember 1988 nirvana merilis single pertama lewat Sub Pop dengan single Love buzz milik kelompok rock tahun 70an asal Belanda, Shocking Blue. Single ini sangat laris dan nirvana merilis album pertama yaitu Bleach (1989) dengan biaya 600 dollar. Secara bertahap Bleach menjadi hit di radio-radio kampus dan Nirvana mengadakan Tur bersama gitaris kedua yaitu Jason everman (namax ditulis disampul kaset namun tidak maen satu lagupun). Jason lalu cabut dari nirvana dan ganbung dgn Soundgarden lalu Mindfunk, Setalah merilis album sliver, posisi drumer berubah-ubah dan terakhir diisi oleh Dave Grohl( eks hardcore , scream) menjadi drumer tetap Nirvana. Kemudian mereka merilis album Nevermind dibawah label Geffen record pd tahun 1991, seteleh tur Eropa bareng Sonic Youth.

Single terlaris mereka Smell Like Ten Spirits (Nevermind) meraih sukses dan mengguncang dunia musik. Kesuksesan tersebut bahkan mengguncang personil Nirvana sendiri yang notabene tidak siap akan kepopuleranx trsbut. Aksi panggung mereka yang heboh, tiap kali acara berakhir mereka selalu merusak alat2 yang mereka pakai. Saat itu Kurt mulai terjerumus dalam obat2an, pernikahan Kurt dengan Courtney Love pun tidak berjalan dengan baik. Karena kondisi Kurt yang seperti itu, Nirvana tidak menelorkan album baru, mereka hanya merilis Insectiside(1992) berisikan lagu2 lawas. Baru pd tahun 1993, dirilis album In Utero bersama produser Steve Albini, album ini sukses dipasaran dengan hits Hit Heart Shaped Box dan All Apologies. Kesuksesan trsbut tidak membuat Kurt lepas dari obat2an sialan itu, ingga akhirv Kurt tenggelam dlm depresinya dan berkali-kali mencoba bunuh diri. Puncakx Kurt Bunuh diri dengan menembakkan pistol ke kepalax pada April 1994. Kematian Kurt ini membuat Christ dan Dave memutuskan untuk membubarkan Nirvana. Padahal mereka merencanakan merilis album MTV Plugged (1994) dan From Muddy Banks of the Wiskhah(1996) secara live version. Christ kemudian membentuk band Trio Sweet 75 dan Dave menjadi gitaris dan Vokalis band Foo Fighter.

Nah, jadi sekarang kita ketahui bahwa Grunge telah ada jauh sebelum Nirvana, dan Nirvana sangat identik dengan grunge karena grunge dikenal saat Nirvana sedang mencapai puncak kejayaan. Jadi jangan hilangkan bahwa band2 semacam sangat berpengaruh dalam perjalanan musik grunge.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s